4 Tips Memulai Bisnis Jual Beli Motor Bekas Semarang

  • Share
motor bekas semarang
motor bekas semarang

4 Tips Memulai Bisnis Jual Beli Motor Bekas Semarang – Bagi Anda yang menyukai otomotif dan ingin membuka suatu usaha, namun modal ternyata sangat minim Anda bisa mencoba bisnis jual beli motor bekas Semarang. Hal ini dikarenakan, keperluan kendaraan roda dua bagi sebagian besar orang sangatlah tinggi dan harga baru sebuah motor tidaklah murah.

Selain itu, kredit motor juga bukanlah hal yang mudah karena harus mengikuti berbagai syarat yang harus dipenuhi. Sebagai pilihan kendaraan dengan harga yang murah, banyak orang yang mencari motor bekas.

Namun, agar Anda terhindar dari risiko kerugian finansial saat berkendara lebih baik membeli motor bekas yang menawarkan asuransi. Bagi Anda yang ingin mendapatkan asuransi 25% bisa langsung bergabung dengan Sobat Otomotif.

Ini bisa menjadi kesempatan dalam menjalankan bisnis jual beli motor bekas Semarang. Selain itu, keuntungan usaha ini juga sangat menggiurkan, apalagi caranya pun cukup mudah dengan modal yang terbilang tidak banyak.

 

BACA JUGA: Rekomendasi Harga Motor Revo Fit Bekas di Semarang

 

Tips Memulai Bisnis Jual Beli Motor Bekas

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan agar bisnis menjadi sukses, terutama dalam hal memulai jual beli motor bekas yang tidak boleh sembarangan. Nah, di bawah ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebelum memulai bisnisnya.

 

  1. Mengetahui Informasi Harga Jual di Pasaran

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan riset pasar agar bisa mengetahui harga jual motor bekas yang ada dipasaran. Anda bisa langsung membuka situs e-commerce atau website sobat otomotif untuk melihat harganya.

Dengan begini, Anda bisa mengetahui harga motor yang Anda pilih sudah pas atau belum di pasaran. Sebaiknya, Anda jangan mematok harga terlalu tinggi, karena dapat membuat motor bekas menjadi cepat terjual.

Tapi tidak ada salahnya, jika Anda mematok harga yang tinggi, namun motor tersebut harus terlihat unik dan kualitasnya sangat bagus.

 

  1. Teliti Memilih Motor yang Dijual Untuk Bisnis Jual Beli Motor Bekas Semarang

Penting sekali Anda teliti dalam hal memilih motor mana yang layak, apalagi motor tersebut nantinya akan dijual. Tidak ada salahnya Anda mencari motor kondisinya masih bagus.

Walaupun Anda ingin menjual motor bekas yang sudah digunakan orang lain, motor tersebut harus tetap terlihat menarik. Dengan begini, konsumen akan tertarik untuk membeli motornya.

Selanjutnya, Anda bisa langsung mencoba kondisi mesin motor tersebut, jangan hanya teliti memilih motor dengan melihat kondisi fisik di luarnya saja. Hal ini juga penting dilakukan agar Anda tidak mengeluarkan biaya servis yang banyak, jadi dana yang dimiliki bisa dialihkan untuk kepentingan yang lainnya.

 

  1. Melakukan  Perawatan Secara Maksimal

Kondisi motor bekas yang bagus baik dari fisik luar maupun mesinnya pastinya memiliki nilai sendiri di hati pembelinya, hal merupakan fakta yang harus Anda ketahui. Walaupun, nanti harga yang ditawarkan jauh lebih mahal pastinya akan diambil, asalkan performa yang diberikan masih bagus dan dirawat secara maksimal.

 

  1. Menentukan Platform Penjualan dan Bekerja Sama dengan Showroom Motor

Terdapat dua pilihan yang bisa Anda lakukan untuk menjual motor bekas yaitu offline dan online. Sebenarnya, keduanya sama tetapi memiliki kekurangan dan kelebihan yang berbeda-beda.

Jika Anda ingin menjual online, Anda bisa menjalin kerjasama dengan pihak leasing, agar bisa lebih mudah mencari calon pembelinya.

Mungkin banyak orang yang belum tahu jika showroom tidak hanya menjual motor baru saja, namun motor bekas juga bisa dijual. Ini bisa menjadi kesempatan Anda untuk bekerja sama dengan pihak showroom.

Apalagi saat ini, sudah banyak showroom yang menjual motor bekas di kota-kota besar. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis untuk Anda yang ingin sekali membuka usaha jual beli motor bekas Semarang.

Anda akan lebih mudah, jika menjalin kerja sama dengan showroom dan menjadikannya mitra usaha apalagi untuk pebisnis pemula jual beli motor seken.

 

BACA JUGA: Harga Ninja RR 150 Bekas di Semarang, Motor Kayak Baru Harganya Bekas

 

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Jual  Motor Second

Sebelum membeli motor bekas untuk dijual, sebaiknya Anda melihat sejarahnya terlebih dahulu. Agar nantinya tidak ada rasa kecewa, walaupun dibeli dengan harga yang murah.

Dibawah ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli motor bekas.

 

  1. Cek Bagian Mesin Terlebih Dahulu

Anda bisa melihat apakah ada rembesan oli atau tidak, pada bagian mesin yang menjadi hal sangat penting dalam sebuah motor. Karena hal ini, bisa menandakan bahwa mesin motor tersebut masih berfungsi atau tidak.

Sebaiknya, Anda tidak memilih motor ini apabila ada komponen lain yang pecah atau pun retak. Untuk itu, Anda bisa menghidupkan motornya terlebih dahulu, agar mengetahui mesin tersebut masih bagus atau tidak.

Apabila ada suara mesin yang aneh di sekitar head silinder, berarti klep sudah mulai renggang. Anda harus berhati-hati, apabila bunyi mesin berada di bagian tengah mesin. Ini berarti komponen juga sudah renggang.

 

  1. Melihat Kelistrikan Motor Second Semarang

Kelistrikan motor menjadi hal yang penting untuk sepeda motor, ini wajib Anda cek terlebih dahulu. Anda akan mengeluarkan banyak biaya untuk perbaikannya jika listriknya tidak bagus.

Anda bisa mengecek dari lampu depan, belakang atau lampu sein, jika lampu motor sudah menggunakan LED.

 

  1. Cek Speedometer 

Selanjutnya, Anda harus mengecek speedometer terlebih dahulu dengan melihat STNK-nya lalu jarak tempuh nya dihitung. Apabila speedometer hanya puluhan ribu namun usia motor sudah lebih dari 3 tahun Anda wajib curiga.

 

Modal dan Keuntungan Usaha Jual Beli Motor Bekas Semarang

Bagi Anda yang memiliki modal yang sedikit, namun ingin membuka suatu usaha dan mendapatkan keuntungan yang banyak bisa langsung membuka usaha jual beli motor bekas Semarang.

Keuntungannya dapat dimisalkan, jika Anda membeli motor bekas dengan harga Rp 7 juta lalu ingin dijual kembali dengan harga sekitar Rp 7,5 juta, maka Anda akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp 500 ribu. Hal ini disebabkan Anda mematokkan harga jual lebih dari harga beli.

Nah, jika dalam sebulan Anda melakukan transaksi sebanyak 10 kali maka keuntungan yang bisa Anda dapatkan sebanyak Rp 500 ribu dikalikan 10 jadi total keuntungannya bisa mencapai Rp 5 juta.

Dengan hitung-hitungan modal dan omsetnya, itulah keuntungan bisnis jual motor yang bisa Anda dapatkan. Pastinya sangat menarik, namun kondisi keuangan setiap orang berbeda-beda semua tergantung modal yang dimiliki. Anda bisa menyesuaikan terlebih dahulu dengan modal yang Anda miliki.

 

BACA JUGA: Motor Bebek Jadul Paling Irit dan Tangguh Untuk Harian

 

Dapatkan Berbagai Informasi Menarik Seputar Otomotif di Situs Kami!

Apabila Anda berminat ingin membuka usaha dealer jual beli motor, namun modalnya sedikit. Alangkah lebih baiknya, Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan sobat otomotif. Sobat otomotif merupakan salah satu website yang membahas berita tentang trend otomotif.

Kami akan memberikan tips dan trik khusus bagi Anda yang ingin jual beli motor bekas Semarang dan sekitarnya. Jasa kami akan selalu siap untuk membantu Anda dalam membuka usaha jual beli motor Semarang. Untuk informasi lebih jelasnya Anda bisa langsung mengunjungi halaman utama kami, ya!

Untuk Jasa Pencarian Motor Impian, Motor bekas Impian bisa kunjungi situs blog: Inukotovlog.com untuk motor motor yang biasa kita jual.

Nah bagi sobat oto yang ingin berbisnis jual beli motor bekas, kalian coba melihat stok motor paling laris di salah satu showroom motor bekas di Semarang berikut ini:

  • Share