motor bekas semarang

Motor Bekas Semarang yang Masih Ramai Peminat

Transaksi motor bekas Semarang masih ramai peminat sampai saat ini, baik untuk digunakan sendiri atau dijual kembali. Menjual kendaraan bekas untuk membeli yang baru merupakan sebuah solusi terbaik, daripada kendaraan tidak terpakai begitu saja.

Beberapa orang lebih memilih membeli kendaraan bekas karena dianggap lebih simple dan surat-suratnya juga sudah lengkap. Soal harga juga jauh lebih murah, namun tetap bisa menemukan kendaraan berkualitas baik jika memilihnya dengan seksama.

Motor Bekas Semarang

Membeli motor bekas harus teliti dan mempertimbangkan banyak hal supaya tidak merugi sekalipun uang yang dikeluarkan sedikit. Sebagai penjual juga harus mempersiapkan segala sesuatunya secara matang, baik dari mesin maupun surat-suratnya.

Jujur menjadi salah satu hal yang penting dan membuat proses jual beli menjadi lancar tanpa kendala. Orang yang menjual kendaraan dengan santai biasanya agak sulit ditawar karena hanya akan melepaskan kendaraannya kepada orang yang tepat.

Sementara orang yang menjual karena memang butuh uang cepat kemungkinan besar lebih mudah ditawar karena mencari pembeli tercepat dan serius. Kamu bisa menemukan motor bekas dari Showroom, bisa juga melakukan transaksi dari pemiliknya langsung.

Sekarang transaksi motor bekas Semarang sudah lebih mudah seiring berkembangnya teknologi dan zaman. Cukup melalui teknologi internet saja sudah bisa ditemukan siapa saja penjual kendaraan tersebut dan berapa KM jaraknya dari lokasi kamu.

Sistem pembayaran sudah beragam, bisa secara tunai dan bisa juga melalui sistem transfer bank. Untuk pembayaran melalui transfer bank sebaiknya menunjukkan bukti transfer dan tidak keliru dalam menyebutkan nomor serta nama pengguna rekening banknya.

Showroom Motor Bekas Semarang Bintang Lima

Untuk kenyamanan dan keamanan lebih, beberapa orang memilih membeli kendaraan second dari showroom. Di Semarang sendiri ada beberapa Showroom dengan peringkat bintang lima berdasarkan Google yang bisa kamu manfaatkan sebaik mungkin:

1.      Showroom Star

Showroom Star berlokasi di Jalan Srirejeki Tim. Raya Nomor 36, Gisikdrono, Semarang Barat dan menjadi pilihan terbaik untuk transaksi motor bekas Semarang saat ini. Peringkat di Google lima serta jam operasionalnya berlangsung selama 24 jam nonstop.

kamu bisa menemukannya melalui Google Maps atau memperhatikan spanduk sekitar bertuliskan Star Jaya Motor. Selain melayani pembelian motor bekas, kamu juga bisa menjual serta membeli sepeda bekas di Star Jaya.

2.      Showroom Jelita

Showroom Jelita menjadi pilihan berikutnya yang bisa kamu pilih dengan lokasi di Jalan Gombel Lama, Jatingaleh, Banyumanik, Semarang. Tidak tertulis waktu operasionalnya, namun tertera nomor untuk dihubungi sehingga kamu bisa menggunakannya saja.

Ada banyak showroom motor bekas Semarang maupun penjual pribadi bisa kamu temukan melalui internet. Hendak membeli dari mana saja bergantung pada preferensi dan kebutuhan untuk apa kendaraan itu setelah nantinya dibeli.

3.      Murah Jaya Showroom

Murah Jaya terletak di Jalan Wolter Monginsidi Pedurungan Tengah, Pedurungan, Semarang. Showroom beroperasi sejak pukul 08.30 dan tutup pukul 18.00 WIB selama 7 hari dalam seminggu, jadi kamu bisa mengunjunginya hari apa saja.

Waktu kunjungan paling banyak biasanya sekitar pukul 11 siang ke atas, namun akan mereda setelah memasuki pukul 2 siang. Paling sedikit pembeli pada pukul 08.30, bisa kamu manfaatkan untuk proses tawar-menawar lebih leluasa.

4.      Laris Jaya Showroom

Showroom Mokas Laris Jaya berlokasi di Jalan Lamper Tengah Nomor 670A, Lamper Tengah, Semarang Selatan, Semarang, Jawa Tengah. Dealer Motor Bekas LJ menjadi salah satu dealer motor bekas Semarang berikutnya yang memberikan banyak pilihan tipe kendaraan untuk pembeli.

Peringkatnya bintang 4,2 dengan jumlah ulasan dari 11 orang, terbilang lebih banyak daripada pengulas sebelumnya. Tidak disebutkan waktu operasionalnya, namun kamu dapat menghubungi pengelola showroomnya melalui nomor khusus.

5.      Showroom 3M

Namanya Showroom 3M yang berlokasi di Peterongan, Kobong Nomor 38 RT02/05, Semarang, Jawa Tengah. Salah satu dealer di Jawa Tengah ini beroperasi selama 24 jam setiap harinya sehingga menjadi salah satu andalan untuk masyarakat setempat.

Mulai dari transaksi motor bekas Semarang Barat dan berbagai daerah lainnya, bisa secara mudah kamu cari tahu informasinya dari internet. Akan lebih aman serta nyaman berbelanja dari dealernya langsung karena lebih terpercaya dan dapat dipertanggungjawabkan.

Ketika ada kendala terkait kendaraan, seperti mesin tidak sesuai spek yang diceritakan maka bisa menanyakan ke dealernya langsung. Selain itu biasanya ada beberapa dealer yang menawarkan sistem pembayaran kredit dengan syarat dan ketentuan khusus.

BACA JUGA: Bisnis Jual Beli Motor Bekas Semarang

Urutan Motor Bekas Paling Banyak Dicari

Ada banyak tipe kendaraan roda dua bermesin setiap harinya yang dijual dalam kondisi sudah pernah dipakai. Sejauh ini, kebanyakan pembeli menaruh minat pada jenis merek Honda dan urutan terakhir adalah minat terhadap merek Piaggio, detailnya seperti ini:

1.      Model Honda

Honda menjadi salah satu merek motor bekas Semarang yang banyak peminat, baik untuk jenis bebek maupun sport. Urutan dari peminat paling tinggi adalah PCX 150, PCX 160, ADV 150, Beat, Scoopy, Vario 125, Vario 150, Beat Street, CBR 250, CB 150, dan CRF 150.

Beberapa jenis cocok digunakan sebagai kendaraan oleh perempuan maupun laki-laki untuk melengkapi transportasi harian. Sementara lainnya lebih cocok untuk kebutuhan tertentu saja dengan daya angkut penumpang dan penyimpanan barang sangat terbatas.

2.      Model Yamaha

Yamaha menjadi merek kedua yang ramai peminat seiring dengan modelnya yang terus berkembang di Indonesia. Urutan dari minat pembeli paling tinggi dimulai dari NMAX, Mio Soul, Freego, Lexi, Xmax, Fino, Mio M3 125, Aerox, dan R15.

kamu bisa menemukan berbagai jenis merek Yamaha tersebut di dealer atau dari pemilik sebelumnya langsung. Membeli motor bekas Semarang dari dealer atau pemilik asli harus memperhatikan kelengkapan surat supaya tidak menyusahkan kamu di kemudian waktu.

3.      Model Kawasaki

Kawasaki yang terkenal dengan kendaraan sport-nya juga memberikan daya tarik sendiri untuk masyarakat Indonesia. Urutan dari peminat paling tinggi adalah Ninja R 150, RR 150, RR Mono, All New dan Kawasaki Ninja 250 Fi, Ninja W175, Kawasaki ZX6, dan Z900.

Bicara soal Kawasaki, pilihan merek motor terbaik ini identik dengan warna eksteriornya hijau menyala. Membuat orang lain langsung tahu keberadaan kendaraan kamu, baik saat melintas di jalan raya maupun ketika diparkirkan pada sebuah tempat.

4.      Model Suzuki

Urutan peminat motor bekas Semarang Facebook keempat adalah dari Suzuki. Masih dari pabrikan Jepang yang mengurutkan tipe terbanyak peminat dari Satria FU 150, Nex, Nex II, Spin, GSX 150 R, dan Skywave.

Suzuki memiliki stigma macho karena desain kendaraan secara keseluruhan lebih ramah untuk pengendara laki-laki. Kondisi mesinnya juga gahar, sangat cocok digunakan untuk kebutuhan harian atau kepentingan lainnya di dalam maupun luar Semarang.

5.      Model Piaggio

Terakhir, pabrikan asal Italia juga tidak mau kalah meramaikan pasar penjualan kendaraan second di Jawa Tengah. Urutan tertinggi peminat sampai yang terendah dimulai dari Sprint, Primavera, LX 125, S 125, GTS 150, dan GTS 300.

Desain dan tampilan Piaggio terkesan lebih menawan dan menggambarkan jiwa anak muda zaman sekarang. kamu bisa menemukan motor bekas Semarang Piaggio dari berbagai dealer terpercaya atau dari pemilik pertamanya langsung di berbagai sudut Ibu Kota Jawa Tengah.

Lima urutan merek paling banyak peminat tersebut kemungkinan merata di seluruh daerah Indonesia. Tidak mengherankan karena dari segi pelayanan, Bengkel Honda jauh lebih banyak dibandingkan berbagai merek lainnya, apalagi Piaggio.

Harga Motor Bekas di Bawah 5 Jutaan

Kebanyakan alasan orang membeli kendaraan second karena harga jualnya jauh lebih murah daripada yang baru. Pada 2021 ada beberapa jenis kendaraan motor bekas Semarang yang dibanderol dengan harga Rp5 jutaan, seperti:

  1. Yamaha Mio keluaran tahun 2009 dibanderol dengan harga Rp3,9 jutaan.
  2. Honda Vario tahun 2009 dibanderol dengan harga jual Rp4,2 juta.
  3. Yamaha Mio Sporty yang dikeluarkan pada 2010 dibanderol dengan harga Rp4,9 jutaan.
  4. Yamaha Mio Soul tahun 2010 bisa didapatkan dengan nilai jual Rp4,3 jutaan.
  5. Suzuki Skywave tahun 2008 ditawarkan dengan nilai jual Rp4,4 juta.
  6. Honda Vario keluaran tahun 2011 dibanderol dengan harga pas Rp4 juta.
  7. Yamaha Nouvo bisa ditebus menggunakan uang sebesar Rp5 juta dengan pabrikan tahun 2004.
  8. Yamaha Mio Soul GT tahun 2012 dibanderol dengan nilai jual Rp4.8 juta.

Beberapa kendaraan keluaran tahun 90-an juga masih bisa kamu temukan dengan penawaran harga lebih miring. Misal, untuk Honda Prima tahun 1995 dibanderol dengan harga jual Rp4,5 juta.

Berbagai kisaran harga motor bekas Semarang tersebut telah mengalami penyesuaian dengan kondisi surat-suratnya. Kondisi mesin juga menentukan penetapan harga jual yang bisa jadi pabrikan tahun terlama justru lebih mahal karena mesinnya masih gahar.

Kisaran harga di atas merupakan data tahun 2021, namun biasanya tidak terlalu banyak perubahan. kamu bisa menaikkan nilai jual motornya asalkan jika memerlukan servis maka diperbaiki lebih dulu, tentunya dengan besaran modal sesuai jenis kerusakan kendaraan.

Tips Transaksi Motor Bekas yang Aman

Ada sedikit tips untuk kamu saat membeli motor bekas dari dealer maupun pemilik utamanya langsung. Tips-tips berikut ini menjadi sangat penting karena kamu tidak membeli kendaraan baru, melainkan membeli kendaraan second dengan berbagai kondisi.

1.      Menentukan Tipe Motor

Hal pertama yang wajib diperhatikan dalam membeli motor bekas Semarang adalah menentukan tipe motornya. Mau membeli tipe sepeda motor bebek, kopling, sport, dan sebagainya bisa kamu cari tahu stoknya melalui internet atau ke dealer langsung.

Menentukan tipe motor yang akan dibeli memudahkan kamu dalam melakukan riset kendaraan. Kamu bisa mengesampingkan tipe lainnya jika sudah memiliki preferensi yang tepat terkait kendaraan apa yang akan dibeli.

2.      Teliti dalam Membayar

Teliti saat membayar, jangan dulu memberikan uang sebelum sepakat dengan harganya atau sebelum melihat kendaraannya langsung. Tips terbaik melakukan pembayaran ketika transaksi adalah melalui transfer bank agar uangnya terbukti tidak palsu.

Tapi, ada baiknya transaksi motor bekas Semarang melalui bank dilaksanakan di lokasi. Jika memiliki m-banking bisa lebih baik lagi karena baik penjual maupun pembeli dapat memeriksa bukti transaksi tersebut secara langsung di tempat.

3.      Memeriksa Ketersediaan Surat

Ini juga sangat penting, dimana setelah membeli kendaraan jangan sampai kamu direpotkan dengan legalitas kendaraan tersebut. Surat-surat, seperti BPKB dan STNK harus ada untuk membuktikan pajak kendaraannya masih aktif dan berlaku panjang.

Sementara bukti adanya BPKB mengandalkan bahwa kendaraan tersebut dibeli secara tunai dan kamu tidak perlu mencicil sisa kreditnya. Tidak masalah jika harus melanjutkan kredit, asalkan ada kejujuran antara kedua belah pihak.

4.      Memeriksa Nomor Rangka

Memeriksa nomor rangka motor bekas 2 jutaan Semarang tidak kalah penting untuk memastikan surat-surat dan kendaraannya sesuai. Dampak buruk dari ketidaksesuaian rangka adalah potensi kendaraan dikaitkan sebagai barang curian.

Ketika menemukan penjual yang jujur maka nomor rangka ini tentu bukan masalah berarti. Nomor rangka sangat penting, meskipun pada saat pelaksanaan jual beli kerap kali terlewatkan karena dianggap tidak terlalu penting untuk diperiksa.

5.      Memeriksa Bodi Motor

Memeriksa bodi kendaraan menjadi poin berikutnya yang sangat membutuhkan detail, terutama jika pembelinya akan menjual kembali kendaraan tersebut. Pemeriksaan terhadap bodi kendaraan biasanya meliputi cat asli atau tidak, stiker yang tertempel, ban, dll.

Jika membeli motor bekas Semarang untuk tujuan dijual kembali maka ada baret atau lecet sedikit saja akan jadi pertimbangan besar. Pembeli yang tujuannya untuk menjual kembali akan melakukan tawar-menawar cukup sengit dengan pemilik kendaraan aslinya.

BACA JUGA: Tips Beli Motor Bekas Semarang

6.      Memeriksa Kondisi Oli

Memeriksa kondisi oli termasuk hal penting lainnya yang menjamin kendaraan dalam kondisi prima. Kondisi oli yang baik seharusnya tidak bocor atau saat kendaraan diparkir tidak mengalami tetesan hitam dan licin seperti minyak yang mengenai lantai.

Pemeriksaan terhadap kondisi oli menentukan kapan waktunya kamu harus mengganti oli. Semakin baik keadaan olinya maka semakin bagus juga performa kendaraannya, seperti rem tetap pakem dan kendaraan bisa meluncur tanpa beban.

7.      Memeriksa Mesin Saat Menyala

Menyalakan mesin saat membeli motor bekas Semarang adalah hal penting lainnya yang tidak boleh dilewatkan. Tips saat membeli kendaraan sebaiknya membawa orang yang paham agar mengerti kondisi mesinnya bagus atau tidak.

Ahli biasanya bisa mendeteksi kondisi mesin dari suara, bau knalpot, ritme mesinnya, dan sebagainya. Pemeriksaan terhadap mesin akan lebih efektif ketika kendaraannya menyala maka pastikan langkah pemeriksaan ini tidak terlewat sebelum membuat kesepakatan.

8.      Memeriksa Speedometer

Terakhir, memeriksa speedometer pada kendaraan dengan cara menyalakan mesinnya juga. Semakin jauh speedometernya maka semakin sering kendaraan dipakai sehingga nantinya berpengaruh terhadap kondisi keseluruhan kendaraan bekas tersebut.

Semakin rendah angka speedometernya maka semakin jarang kendaraan digunakan yang mengandalkan seharusnya kondisi keseluruhan lebih bagus. Namun, waspada juga saat membeli motor bekas Semarang jika speedometernya masih 0, bisa jadi itu setingan.

Berbagai tips tersebut menjadi pertimbangan penting bagi semua orang untuk memastikan dirinya mendapatkan kendaraan berkualitas terbaik. Sekalipun barang second, namun bukan berarti kamu hanya bisa pasrah mendapatkan kondisi kendaraan yang apa adanya saja.

Kelebihan Beli Motor Bekas Semarang di Showroom

kamu bisa melakukan jual beli motor bekas Semarang OLX atau di Showroom langsung. Saat memutuskan membeli dari Showroom, ada berbagai kelebihan bisa didapatkan, seperti:

1.      Mendapatkan Garansi

Showroom biasanya memberikan garansi pembelian, meskipun jangka waktunya tidak selama saat membeli barang baru. Garansi ini bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan pelayanan terbaik dan maksimal setelah pembayaran.

2.      Bisa Bayar Kredit

Membeli motor bekas Semarang dari dealer memberikan kesempatan kamu melunasinya secara berkala. Informasi lebih jelas mengenai simulasi kreditnya bisa langsung ditanyakan langsung ke penjaga ruko atau sales yang bekerja di showroom.

3.      Lebih Banyak Pilihan

Tersedia lebih banyak pilihan dan lebih aman dibandingkan dengan kamu membeli langsung dari pemilik pribadi. Karena banyaknya pilihan ini membuat kamu lebih bisa menyesuaikan dana dengan ketersediaan kendaraan tersebut.

Berbagai informasi detail mengenai transaksi kendaraan second ini bisa menjadi acuan detail ketika kamu butuh motor. Membeli motor bekas Semarang dari dealer atau pemiliknya langsung bisa memberikan keuntungan asalkan kamu jeli dalam melakukan riset.