Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubeless Pada Motor Matic yang Perlu Anda Tahu!

  • Share
Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubeless
Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubeless

Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubless pada motor matic   – Terdapat dua jenis ban yang bisa Anda temukan di pasaran, yakni tubetype dan tubeless.. Perbedaan paling mencolok antara keduanya terletak pada komponen ban.

Jika pada ban biasa harus ada ban dalam, ban luar, pelek, flap, hingga lock ring, pada tipe ban tubeless hanya terdiri dari ban dan pelek saja. Ok, selain simpel, kira-kira apa ya kelebihan dan kekurangan dari ban tubeless ini?

Kususnya untuk motor metic apa saja kelebihannya dan kekurangannya, yuk kita peajari bersama di sobatotomotif.com….

Kelebihan Ban Tubeless Pada Motor Matic

Kelebihan dan kekurangan ban tubeless memang menjadi informasi yang perlu Anda ketahui. Ini karena jika dibandingkan dengan ban biasa, ban tubeless dinilai lebih menguntungkan bagi pengendara. Apa saja sih kelebihan ban tubeless? Langsung saja, yuk simak paparan selengkapnya di bawah ini.

 

1. Ban Tubeless Tetap stabil meski kecepatan meningkat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, perbedaan paling mencolok antara kedua jenis ban ini adalah komponen dasarnya. Yups, digunakannya ban dalam pada ban tubetype memungkinkan Anda dapat berkendara dengan nyaman di jalanan aspal, akan tetapi, kecepatan tinggi bisa membuat kendaraan menjadi tidak stabil.

 

Akan tetapi, permasalahan tersebut bisa relatif lebih sedikit Anda temukan jika menggunakan ban tubeless. Hal ini karena ban tubeless dilengkapi dengan lapisan fluid sealant yang menggantikan fungsi ban dalam pada ban biasa. Tidak sia-sia ‘kan mengenali kelebihan dan kekurangan ban tubeless ini?

 

2.Ban Tubeless Tidak mudah bocor

Manfaat lain dari fluid sealant pada ban tubeless adalah mempertahankan kerapatan ban. Sehingga ketika ban terkena paku atau benda tajam lainnya, lapisan ini secara otomatis akan merapatkan bagian tersebut dan membuatnya tetap kokoh. Kelebihan ini tentu sangat melegakan daripada harus repot-repot mencari tukang tambal ban di tengah kondisi kita sedang berkendara dengan terburu-buru, bukan?

 

3.Ban Tubeless Cocok digunakan untuk segala medan

Kelebihan ban tubeless yang terakhir adalah dapat digunakannya di segala medan. Hal ini karena rupanya, jargon anti bocor yang digembar-gemborkan membuatnya dapat digunakan di medan dan musim apapun. Baik di jalan raya, pegunungan, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Modifikasi Motor Scrambler paling populer!

 

Kekurangan Ban Tubeless Pada Motor Matic

Meski memiliki banyak kelebihan, rupanya tipe ban tubeless juga memiliki kekurangan, lho! Inilah alasan mengapa Anda perlu tahu kelebihan dan kekurangan ban tubeless sekaligus. Langsung saja, yuk simak paparan selengkapnya!

 

Baca Juga: Motor Bebek Jadul Paling irit

 

1.Ban Tubeless Harga lebih mahal

Memang benar jika ban tubeless bisa jadi merupakan ban idaman Anda karena memiliki kesan yang simpel tapi sangat kokoh. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa tipe ini dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Sehingga untuk membeli maupun menggantinya, Anda akan merogoh kocek lebih dalam ketimbang ban biasa.

 

2.Ban Tubeless Tidak semua tambal ban bisa atasi tubeless

Waktu yang dibutuhkan untuk menambal ban tubeless memang relatif lebih cepat dibanding ban biasa. Yakni hanya dengan membuang benda tajam yang membuatnya bocor lalu menambalnya dengan cairan anti bocor. Namun, tetap saja tidak semua tukang tambal ban bisa melakukannya. Anda harus mencari tukang tambal ban yang memang terbiasa mengatasi kebocoran ban jenis ini.

 

3.Ban Tubeless Memiliki umur lebih pendek

Banyaknya kelebihan ban tubeless rupanya juga memberikan dampak yang tidak menguntungkan. Diantaranya ialah ban ini menanggung lebih banyak beban berat dibandingkan ban biasa. Akibatnya, ban yang lebih cocok digunakan untuk kendaraan ber cc menengah ke atas ini miliki umur lebih pendek.

 

Itulah tadi paparan mengenai kelebihan dan kekurangan ban tubeless untuk motor matic.Memang, tidak salah jika ban tubeless dianggap sebagai jawaban akan kebutuhan ban yang simpel namun tetap kokoh untuk segala medan. Akan tetapi, kekurangan ban ini yang membuat banyak orang memilih ban biasa (tubetype).

Kelebihan dari pada ban tubeless kusus untuk motor metic yang pada umumnya harus kalian tau sob, yaitu lebih aman jika terjadi bocor, tidak perlu ada ganti ban dalam.

Dari harga memang relatif mahal,namun dari segi keawetan dan keamanan ban tubeless lebih di utamakan, so..untuk ban tubless merek terbaik apa saja dan harganya berpa kita akan rekomendasikan disini.. simak artikel selebihnya ya di sobatotomotif.com

 

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.