Cek Komponen Mobil Sebelum Mudik Lebran 2024!!!

sobatotomotif.com – Wah wah wah wah, Sebentar lagi Lebaran Sob? tentu sudah tidak sabar lagi pengin mudik bukan? nah sobat harus tau, dan priksa kendaraan kamju seblum mudik atau luar kota.

kalau mau pake knalpot racing nih, jangan lupa cek komponennya dulu ya teman-teman! Gak kebayang kan kalau udah jalan-jalan pakai knalpot racing tapi tiba-tiba mobilnya rusak. Nah, biar gak kejadian ginian, yuk kita cek komponen-komponen pentingnya dulu ya!

Sebelum memulai perjalanan jauh dengan mobil, ada beberapa hal penting yang perlu diperiksa agar perjalanan Anda berjalan lancar dan aman. Berikut adalah 10 cara cek kondisi mobil sebelum perjalanan jauh:

 Filter Udara dan Selang Bensin

Periksa selang bahan bakar agar tidak mengalami keretakan atau kebocoran. Hal ini penting untuk menghindari risiko kebakaran mobil yang tiba-tiba terjadi di tengah perjalanan. Pastikan juga filter pada bensin mobil tidak tersumbat.

Filter udara nih salah satu komponen yang paling penting karena jadi penyaring udara yang masuk ke mesin. Kalau filter udaranya kotor, udara yang masuk juga kotor dan bisa bikin mesin rusak. Nah, sebelum pake knalpot racing, pastikan filter udaranya bersih ya. Kalau udah kotor, tinggal ganti aja. Gampang kan?

 Busi

Busi jadi salah satu komponen penting nih untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di mesin. Kalau businya rusak, mesin jadi gak bisa jalan—gak enak banget kan. Nah, biar mobilnya tetep jalan lancar, pastikan businya sehat. Kalau udah rusak, ganti aja.

Oli Mesin

Sebelum meluncur ke perjalanan jauh, pastikan volume oli mesin berada dalam batas yang tepat. Periksa level oli pada stik atau tuas oli. Level oli seharusnya berada di antara tanda “L” (Low) dan “F” (Full). Tambahkan oli secukupnya hingga mendekati garis “F”.

Komponen selanjutnya yang harus dicek adalah oli. Ini penting banget loh karena oli berfungsi untuk melumasi mesin. Kalau oli habis atau kualitasnya buruk, mesin bisa jadi besar kerusakannya. Nah, sebelum pake knalpot racing, pastikan oli di mobil kamu masih cukup dan belum saatnya untuk diganti.

Putaran Kipas Pendingin

Jika kipas diputar dengan belt, periksalah kondisi fisik belt. Jika belt telah retak-retak, segera ganti. Periksa juga ketegangan tension belt agar putaran kipas optimal. Jika kipas diputar menggunakan motor listrik, pastikan kondisi motor listrik masih baik dan layak.

Ganti Timing Belt

Penggantian timing belt sebaiknya berdasarkan indikator jarak tempuh kilometer di spedometer mobil. Umumnya, gantilah timing belt setelah mencapai sekitar 50.000 km, bahkan jika belum ada tanda-tanda kerusakan.

Cek Aki

Aki merupakan komponen penting dalam mesin mobil. Periksa baut kutub pada aki dan pastikan untuk membersihkan kutub aki dari kotoran atau kerak yang menempel.

Periksa Ban

Cek kondisi ban secara fisik dan tekanan ban. Pastikan tekanan ban mobil berada dalam rentang normal, sekitar 30-34 psi.

Lihat Kondisi Rem

Pastikan rem berfungsi dengan baik. Periksa ketebalan kampas rem dan piringan cakram. Ganti jika sudah mendekati batas keamanan.

Air Radiator dan Reservoir

Radiator jadi komponen penting nih untuk menjaga suhu mesin tetap stabil. Kalau radiator atau kipasnya rusak, suhu mesin bisa naik dan jadi besar risiko rusak. Nah, sebelum pake knalpot racing, pastikan radiator masih sehat dan kipasnya masih berfungsi dengan baik ya.

Pastikan air radiator dalam kondisi penuh dan air reservoir mencapai batas level yang ditentukan. Periksa juga selang radiator dan selang penghubung ke reservoir. Jika ada selang yang menggelembung atau retak, segera ganti. Pastikan semua sambungan selang ke mesin dan radiator cukup kencang dan tidak bocor.

 

FAQs (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

  1. Berapa sering sebaiknya saya memeriksa kondisi mobil sebelum perjalanan jauh?
    • Disarankan untuk memeriksa kondisi mobil setidaknya sebelum perjalanan jauh dan secara rutin sesuai dengan panduan pemeliharaan.
  2. Apakah saya perlu membawa alat cadangan seperti ban serep?
    • Ya, selalu siapkan alat cadangan seperti ban serep, kunci roda, dan peralatan darurat lainnya.
  3. Bagaimana cara mengatasi mogok di tengah perjalanan?
    • Pastikan selalu membawa nomor darurat dan tahu lokasi bengkel terdekat.
  4. Apakah perlu membawa dokumen kendaraan saat perjalanan jauh?
    • Ya, selalu bawa dokumen kendaraan seperti STNK dan SIM.
  5. Apa yang harus saya lakukan jika lampu indikator menyala saat perjalanan?
    • Segera hentikan kendaraan dan perik

Nah, itu dia komponen-komponen penting yang harus dicek sebelum pake knalpot racing. Mudah bukan? Jadi, sebelum kamu jalan-jalan pakai knalpot racing, pastikan semua komponennya sehat dan normal ya. Kalau ada yang rusak, masih banyak jasa service yang bisa membantu kamu.

Dengan melakukan pemeriksaan komponen mobil sebelum perjalanan jauh, Anda dapat memastikan keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan. Ingatlah untuk selalu memeriksa kondisi mobil secara rutin agar perjalanan Anda tetap lancar dan bebas masalah.

One thought on “Cek Komponen Mobil Sebelum Mudik Lebran 2024!!!

Comments are closed.